• White Instagram Icon

©2018 by Tony Jackson. Proudly created with Kami Space

  • MASTER ADMIN

Tips buat arsitek bisa kebut gambar



1. TIM KECIL TAPI EFEKTIF :

Tim dibagi menjadi 2 yaitu tim ARC dan tim DED :


TIM ARC

Bekerja dengan metode TADE yang kemudian hasil desain di tuangkan oleh asistent ke dalam format BIM REVIT. Maksimal tim ARC jangan lewat dari 3 org, supaya efektif dan hemat biaya operasional.


Wajib menguasai ilmu : Konsep, Karakter, Dimensi, Filosofi


3D visual cukup dengan Enscape, sehingga membuat animasi maupun 3d render bisa selesai dalam hitungan menit.


TIM DED

Bekerja dengan metode gotong royong dimana pekerjaan di bagi rata ke beberapa orang dengan metode kolaborasi BIM lewat cloud data sharing seperti dropbox maupun google drive. Dengan metode ini pembuatan gambar kerja akan selesai dalam waktu hitungan jam karena di kerjakan secara keroyokan. Standart tampilan DED harus di ubah ke tampilan 3D yang di tarik ukuran, hal ini sangat menghemat waktu dan gambar lebih gampang di mengerti oleh kontraktor maupun tukang.


2. BEKERJA DENGAN TEMPLATE

segala desain atau bentuk yang memiliki pola sebaiknya di modulkan sehingga tim tidak habis waktu membuat sesuatu yang di ulang-ulang.


TEMPLATE SHARING

Sebuah Template BIM Revit dimana di dalamnya telah disusun segala kebutuhan dalam proses desain dari bentuk kop gambar, simbol2, legenda2, model pintu jendela dan ratusan hal yg dibutuhkan sehingga arsitek hanya tinggal klik, hal ini membuat tim bisa fokus membuat konsep serta hitungan bisnis kepada klien.


MEMBANGUN BANK DATA

Apabila kita ingin mendesain super cepat dalam hitungan jam bahkan menit, maka segala sesuatu harus tinggal drek dan klik. Supaya ini tercapai maka segala barang dari supplier yang ingin di spec kedalam gambar harus sudah tersedia file BIM nya. Dari pada membuat semua file BIM dari nol, lebih baik berlangganan data dari pihak yg menyediakan file BIM Sharing seperti bimkami.com karena pada umumnya supplier tdk menyediakan file BIM di web mereka.