• marwansyp

Tantangan dan peluang bagi arsitek di era industri 4.0

"Tantangan zaman makin besar, kalau saya titip pesan kira-kira jangan pasif di zaman yang serba dinamis. Kita harus jadi arsitek yang sangat aktif, tidak bisa menunggu tapi juga proaktif," begitu yang disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau yang akrab dipanggil Kang Emil dalam keterangan resminya pada hari Selasa 17 September 2019.


Kang Emil mengajak para Arsitek Indonesia untuk terus bersemangat menjadi problem solving seiring dengan perkembangan zaman dan selalu menjawab permasalahan-permasalahan yang ada di masa depan. "Sebagai arsitek kita harus proaktif" begitu lanjutnya memberikan arahan.Industri 4.0 menjadi tantangan baru bagi arsitek , menuntut arsitek untuk terus beradaptasi dengan perubahan yang ada.Ada banyak isu baru seiring dengan perkembangan teknologi yang berjalan dengan cepat.

Profesi Arsitek mempunyai peluang menjadi profesi yang paling kuat untuk bertahan karena profesi yang lainnya sudah mulai terdistrupsi oleh robot, artificial intelegent, internet of think dan seterusnya.Yang menjadi tantangan bagi arsitek adalah untuk terus adaptif dengan teknologi dan selalu menjadi problem solving serta mempunyai karya yang memberi Big Impact bagi Indonesia khususnya.



0 views
  • White Instagram Icon

©2018 by Tony Jackson. Proudly created with Kami Space